Sabtu, 16 November 2013

Linux Bukan Sistem Operasi?

Banyak orang beranggapan bahwa Linux adalah sistem operasi. Padahal Bukan! Linux hanyalah sebuah kernel. Sistem operasi yang menggunakan kernel Linux biasanya disebut dengan Linux Distribution atau biasa disingkat Distro Linux. Apa sih kernel itu? Bedanya ma sistem operasi apa? Terus hubungannya apa? Untuk menjawab itu, mari kita bahas.


Sistem Operasi? Apa itu?

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengatur segalanya dalam sistem komputer. Baik Human Interface, Hardware Interface, dan segala fungsinya. Setiap komputer pasti menggunakan sistem operasi agar dapat berjalan. Segalanya lho, baik komputer yang sekarang anda gunakan untuk melihat blog ini, smartphone, tablet, dan perangkat-perangkat yang memiliki processor dan komponen lain layaknya komputer. Secara umum, bekerja seperti ini :















Seperti yang anda ketahui, dalam sistem operasi terdapat berbagai fungsi. Dari menampilkan dan menjalankan aplikasi, membuka dan mengatur file dalam hardisk atau media penyimpanan lainnya, mengatur process dan memory, dan mengatur perangkat keras lainnya. Jadi jika kita buka apa isi dalam kotak sistem operasi yang di atas akan seperti yang di samping ini.

Jadi sistem operasi merupakan segala perintah, fungsi, dan tetek bengek lain yang mengatur jalannya komputer. Yang biasanya berisikan aplikasi, library, driver, dan kernel.

Terus kernel itu apa?

Kernel merupakan bagian dari sistem operasi. Kernel merupakan program yang mengatur dan menerjemahkan perintah dari perangkat lunak agar dapat dimengerti perangkat keras. Kernel ini yang sebenarnya mengatur proses yang masuk ke processor dan memory, memasukkan atau mengeluarkan data dalam media penyimpanan, dan mengatur perangkat keras lainnya.
Apa yang anda lihat dalam desktop dan aplikasi merupakan mode user. Jika anda menggunakan Terminal atau perintah lain secara tertulis, anda bisa masuk ke mode kernel. hubungan antara mode kernel dan mode user seperti yang di samping ini. Gambar itu merupakan bentuk interaksi mode user dan mode kernel dalam sistem Windows. Mode user dan mode kernel dihubungkan dengan system call. System call merupakan perintah untuk menjalankan program dalam kernel. Jika pada gambar di samping, system call digambarkan dengan garis putus.


Secara umum, ada 3 bentuk desain kernel. Monolithic Kernel yang biasa digunakan sistem Unix dan Linux, Microkernel seperti dalam router Cisco, dan Hybrid atau Modular Kernel seperti pada sistem Windows. Model sistem operasi dengan ketiga desain kernel tersebut dapat digambarkan sebagai berikut : 

Terus hubungan kernel ma sistem operasi?

Jadi, kernel itu bagian dari sistem operasi. Dalam sistem operasi ada kernel, dan kernel ada dalam sistem operasi agar segala aplikasi dan semua fungsi dalam sistem operasi bisa berinteraksi dengan semua perangkat yang ada di komputer.

Jadi intinya?

Linux itu sebenarnya cuma kernel aja. Kalo yang namanya sistem operasi itu seperti Ubuntu, Debian, ma Fedora. Disebut dengan Distro Linux karena menggunakan kernel Linux di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar