Rabu, 05 Februari 2014

Alasan Tepat Untuk Belajar Linux Walau Anda Lebih Suka Windows



Anda lebih suka menggunakan Windows dari pada linux? Bukan berarti anda tidak perlu menggunakan linux. Belajar linux itu juga perlu lho. Linux pun bisa jadi penyelamat anda dan bahkan bisa mempermudah kehidupan anda dan orang disekitar. "Untuk apa saya belajar Linux? Toh, keseharian saya selalu di Windows." Anda tidak harus beralih ke linux. Menurut saya juga Windows masih lebih baik dari Linux. Tapi beberapa alasan ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk mulai mempelajari linux. Bahkan alasan-alasan yang saya berikan ini tidak memerlukan pengetahuan yang tentang linux yang dalam.


Penyelamat Komputer
Beberapa masalah komputer bisa dengan mudah diselesaikan dengan menggunakan linux. Semisal anda lupa password login Windows anda, Windows anda corrupt dan tidak bisa berjalan, kena virus, atau yang lainnya. Anda bisa dengan mudah mengatasi itu semua dengan linux. Yang paling umum dan mudah adalah Ubuntu. Anda tidak harus menginstallnya ke dalam komputer anda. Dengan sebuah live CD atau Live USB dan sedikit pengetahuan tentang linux sudah lebih dari cukup. Anda bisa menghemat sekitar Rp 100 ribu untuk menyelesaikan masalah tersebut (pengalaman saya waktu masih dengan Windows). Bukan cuma hemat, anda bahkan bisa menghasilkan uang. Sedikit curhat, waktu saya masih sekolah cuma punya 1 CD Ubuntu saja sudah dikatakan ahlinya komputer.

Berurusan dengan Hardisk
Anda ingin membuat partisi baru? Ingin bikin komputer dual-boot atau multi-boot? Atau mungkin anda ingin menggunakan SSD atau nambah kapasitas? Live CD linux atau GParted bisa menjadi pilihan. Atau mungkin anda ingin menghapus data di hardisk karena isinya "berbahaya" juga bisa dilakukan dengan mudah.

Manfaatkan Kembali Laptop Tua Anda
Windows sekarang cukup berat dan memerlukan spesifikasi yang baru. Jika anda kembali ke Windows XP atau yang lebih lama, Softwarenya tidak bisa menggunakan yang lebih baru. Pake IE yang versi berapa? Emang bisa liat website yang sekarang harus pake browser yang lebih baru? Linux bisa ngatasi masalah itu. Dengan distro yang ringan seperti Lubuntu, CrunchBang, atau yang lainnya anda sudah bisa menggunakan laptop lama anda dengan maksimal. Memang tidak bisa bekerja yang lebih berat seperti main game Assassin Creed, Need For Speed atau game berat lainnya. Tapi akan lebih baik dari pada tidak digunakan sama sekali.

Punya Sharing Server Pribadi
Untuk apa server sendiri? Bisa untuk memajukan usaha anda jika anda punya usaha, atau mungkin anda bisa berbagi data dengan semua orang di rumah semisal dokumen, musik, video, apa pun lah itu. Bukan berarti Windows tidak bisa. Tapi mengingat bahwa Windows perlu spesifikasi tinggi agar memuaskan dan anda perlu mengocek dompet lebih dalam. Jika dengan linux anda bisa mendapatkan server handal yang memuaskan dengan biaya lebih kecil. Cukup dengan komputer murah yang harganya 4 juta, 3 juta, atau mungkin bisa lebih murah anda sudah bisa membuat server pribadi yang handal. Terus untuk apa? Saya sedikit cerita pengalaman nih. Setiap liburan saya pulang dan adik-adik saya suka meminta video anime yang saya koleksi. Saya yang lagi asik menikmati liburan tidak mau diganggu untuk terus menancapkan flashdisk ke komputer saya. Saya buat laptop saya menjadi server dan biarkan mereka mengambil sendiri. Cukup bilang "Yang itu ada di folder itu." dan saya bisa menikmati liburan dengan tenang. Atau mungkin anda juga bisa nonton video dari smartphone anda sambil bersantai tanpa harus membebani memori hape anda. Jika anda punya pengetahuan lebih, koneksikan server anda dengan internet dan anda bisa mengambil dan berbagi data dari mana aja. Ditambah lagi anda punya akses penuh jika dibandingkan dengan Google Drive atau DropBox.

Otomatisasi Rumah Anda
Anda kenal dengan Raspberry Pi? Perangkat komputer sederhana dan murah dengan OS linux ini bisa membuat pintu, gerbang, jendela atau bagian lain dari rumah anda bergerak sendiri sesuka anda. Melalui smartphone yang anda gunakan, anda bisa mengontrol rumah anda dengan leluasa. Anda tidak memerlukan pengetahuan yang dalam untuk bisa membuatnya. Berbagai source code, aplikasi dan tutorial bisa anda dapatkan dengan mudah dan gratis.

Mencerdaskan Diri
Ya! linux ini bisa saya katakan mencerdaskan diri. Karena memang benar. Untuk pengaturan dan fitur lebih lanjut dari linux diperlukan pengetahuan yang lebih dalam dan untuk orang awam bisa dikatakan susah. Tapi tidak seperti Windows, distro linux bisa anda otak-atik sepuas anda dan sesuka anda. Anda bisa mempelajari cara kerjanya, bentuk programnya, dan lainnya. Ini akan lebih memberikan pengetahuan untuk anda. Anda masih terlalu baru untuk mengerti? Namanya belajar pasti dimulai dari tidak tahu menjadi lebih tahu. Dari Kedelai menjadi tempe (Lho? Hubungannya?). Ditambah lagi jaman sudah serba digital dan seperti yang anda tahu linux sudah menjadi sorotan industri. Lihat saja Android (kernel Linux) dan iPhone (kernel Unix) yang sedang ngetren. Setiap orang dengan bangga dan asik menggunakannya. Kedepannya bisa-bisa segalanya bakal serba linux dan unix. Anda harus bersiap-siap. Jangan cuma mempelajari Windows, pelajari juga linux.

Mengurangi Dosa (OOT! Jika anda merasa tidak perlu dan tidak berani tidak perlu membacanya.)
Waduh? Ko' mengurangi dosa? Dari yang saya tahu, kebanyakan pengguna Windows di Indonesia menggunakan versi bajakan. Ingat bahwa agama manapun mengatakan dosa jika seseorang merugikan orang lain. Ulama juga mengatakan bahwa melanggar hak intelektual hukumnya haram karena dapat merugikan. Windows punya hak intelektual, jika anda menggunakan Windows bajakan maka anda berdosa. Yang salah siapa? Yang bikin bajakan? Kalo yang bikin bajakan dosa ko' anda mau ikutan dosanya? Menggunakan Windows bajakan sudah menambah satu dosa, bagaimana dengan Microsoft Office? Corel Draw? Photoshop? Dan aplikasi bajakan lainnya? Kalo linux? Lisensi yang digunakan distro linux adalah GNU/GPL. Anda bisa dengan bebas menggunakan, membagikan, dan mengutak-atik dengan bebas. Jadi bukan bajakan. Para anggota komunitas linux dengan baik hati meluangkan waktunya untuk membuat dan menyempurnakan sistem operasi handal yang gratis. Jadi pilihan tanpa dosa anda adalah beli lah Windows dengan lisensi dan asli atau gunakan Linux.

6 komentar:

  1. betul mas dengan linux bisa menambah kecerdasan contoh kecil
    spt aku ini ketika mau buka koneksi internet harus menjalankan perintah itu setiap dilakukan otomatis otak kita akan terbiasa untuk
    mengingat perintah tsb. kebetualn aku pakai modem ac682 ada 4 perintah yg harus dijalankan.....UBUNTU 12.04 HEBAT

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pengguna ubuntu 12.04 tapi yang berbasis CLI..
      ada keasyikan tersendiri waktu utak atik 120.04 server..

      bisa bikin DNS, DHCP, Webserver, PC Router, Proxy dsb..
      pokoknya seru deh di bandingkan Windows.. :D

      ubuntuservertuts.blogspot.com < tulisan-tulisan sederhana saya.. :)

      Hapus
  2. masuk akal semua bro :D
    ini blog barumu ya Dim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro. Dari pada bisa linux tapi gak disalurkan, bikin blog aja tuk bagi ilmu :)

      Hapus
  3. tapi terkadang kalau awal install linux pasti kehilangan data dari hardisk, soalnya salah pilih partiisi :D

    BalasHapus
  4. Mending di dual boot saja, harddisk dijamin gak ke format bila membagi partisinya saat di windows dengan pengaturan somethink else saat install linux :)

    BalasHapus